Terjemahkan

Sabtu, 04 Juli 2020

Menulis dengan Mudah dan Menyenangkan

menulis


Halo, pembaca setia blogku!
 
Seperti janjiku beberapa hari yang lalu yang tertera dalam artikel Perjalananku Menggeluti Dunia Menulis, kali ini, aku akan bercerita mengenai tips ringan untuk mengawali kita mulai menulis. Sebelum masuk ke tipsnya, kita tahu bahwa sebenarnya dari TK pun kita sudah bisa menulis. Namun, menulis di sini adalah menulis dengan teknik penulisan yang mudah dan tentunya agar menarik dibaca orang. Dengan menulis, kita juga bisa menuangkan ide-ide pemikiran kita agar mudah dipahami oleh orang lain. Jadi, bagi pemula yang ingin menulis, bisa ikuti tips berikut:

1. Perbanyaklah membaca
Dengan membaca, kita mendapatkan banyak informasi pengetahuan. Informasi pengetahuan tersebut bisa menjadi bekal kita sewaktu kita menulis. Agar ketika kita menulis tidak sembarangan. Tetapi, kita menulis juga based on data dan lebih realistis atau masuk akal, kecuali kalau kita akan menulis cerita khayalan/imajinasi. Ini juga bisa sebagai riset persiapan kita sebelum menulis. 

2. Carilah topik yang mudah kalian kuasai
Apabila kita sudah menguasai suatu topik tertentu, kita pasti dapat dengan lancar menuangkan segala ide pemikiran ke dalam tulisan kita. Karena kalau tidak menguasai, kita harus kembali ke langkah pertama tadi. 

3. Mulailah melakukan untuk menulis
Carilah tempat yang nyaman untuk menulis. Kalau aku pribadi sih, biasanya menulis di kamar. Bayangkan kerangka tulisan yang akan dibuat. Namun, kalau bingung dan susah untuk membayangkan, bisa dibuat seperti mind mapping pada kertas coretan sebagai kerangka awal. Kemudian, barulah mulai melakukan penyusunan tulisan anda per kata.

4. Perbaiki kualitas ejaan tulisan anda
Supaya mudah dimengerti oleh orang banyak, jadilah seorang editor. Editlah tulisanmu sesuai kaidah ejaan Bahasa Indonesia yang benar. Untuk melakukan pengecekan ejaan bisa menggunakan acuan dari link berikut : https://puebi.readthedocs.io/en/latest/. Iya, sekarang menurut aturan permendiknas per tahun 2015, ejaan Bahasa Indonesia sudah menggunakan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

5. Gunakan media yang tepat untuk menaruh tulisan anda
Sekarang, banyak fasilitas yang bisa anda gunakan untuk menuangkan tulisan. Kalian bisa menggunakan blog seperti blogspot, wordpress, wixsite, dan media sosial lainnya. Penggunaannya pun mudah alias easy to use. Sehingga, kalian bisa dengan sesuka hati mengedit tampilannya. Tidak perlu menunggu untuk dicetak jadi buku dulu.

6. Carilah gambar ilustrasi yang tepat
Ilustrasi yang tepat dan menarik dapat menambah nilai tulisan anda. Lain soal, kalau untuk tulisan cerita, umumnya, orang jarang menggunakan ilustrasi karena agar pembaca bisa berimajinasi sendiri. Untuk ilustrasi ini, kalau kalian jago mengedit, kalian bisa membuatnya menggunakan photoshop atau corel draw. Namun, kalau tidak, kalian bisa mencari di google, gambar ilustrasi yang sesuai dengan tulisan anda.

7. Berbagilah tulisan anda kepada yang lain 
Untuk mengetahui sudah seberapa baguskah kualitas tulisan kalian, kalian hendaknya membagikan kepada yang lain. Untuk membaginya, kalian bisa melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Mintalah komentar berupa kritik dan saran yang membangun. Dengan kritik dan saran dari orang lain, kita bisa memperbaiki kekurangan tulisan kita ke depannya. Namun, apabila sudah bagus, pertahankan tulisan kalian tersebut.

Itulah tujuh tips mudah menurut versiku. Semoga kalian bisa mengikuti tips dariku tersebut. Selamat mencoba memasuki dunia tulis menulis. Dengan menulis, kita bisa mencurahkan perasaan dan pemikiran-pemikiran kita.


SALAM LITERASI

1 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus