Terjemahkan

Senin, 06 Juli 2020

Cara Meningkatkan Jumlah Follower/Likes Secara Alami

tips-meningkatkan-follower


Kemarin, saya sudah menyajikan tips menulis dalam tulisan berjudul Menulis dengan Mudah dan Menyenangkan. Namun, bagaimana untuk meningkatkan jumlah pembaca? Untuk meningkatkan jumlah pembaca, kita bisa membagikan tulisan kita pada situs web ataupun blog di media sosial kita. Karena di masa sekarang, siapa sih yang tidak punya media sosial.Semua orang, tua muda, pria wanita, pasti memiliki media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Pinterest, dan masih banyak lagi. Bahkan, instansi, yayasan, dan lembaga sosial sekali pun pasti memiliki akun media sosial untuk promosi produk, program, mendapatkan penghasilan, dan sebagainya. Sehingga, tentu saja follower/calon pembaca tulisan kita sangatlah dibutuhkan. Karena follower akan menjadi calon target audiens utama kita. Namun, kerap kali, kita sering mengalami kendala dalam menaikkan jumlah likes ataupun follower. Terus, bagaimana kita bisa meningkatkan jumlah pembaca? Apa dong yang harus dilakukan oleh kita untuk meningkatkan hal tersebut? Berikut, saya rangkum beberapa tips yang menurut saya bisa kalian pergunakan untuk menaikkan jumlah like atau follower.
Bagikan Tautan Sosial Media 
Pertama, bagikan semua tautan sosial media yang kita miliki kepada kenalan/saudara terdekat kita. Karena mereka yang paling mudah kita paksa untuk memberi like atau follow akun media sosial kita. Kedua, mintalah mereka juga untuk memberikan komentar ataupun membagi tautan media sosial kita ataupun tautan-tautan postingan yang sering dibagikan dalam media sosial kita. Ini juga sudah saya buktikan, saya sering membagikan tautan-tautan postingan dan itu memancing orang lain juga untuk meng-like atau mem-follow akun media sosial yang saya miliki.
Buatlah Postingan Secara Teratur dan Berkualitas 
Sangat dianjurkan untuk sering-sering memantau insights dalam media sosial kita. Dari sana, kita bisa melihat grafik perkembangan media sosial kita. Selain itu, kita juga bisa melihat prime time media sosial kita. Maksud prime time di sini adalah waktu di mana banyak orang melihat media sosial kita. Tidak hanya itu saja, pada insight, kita juga bisa melihat jenis postingan apa yang paling disukai/dilihat oleh para follower media sosial kita. Untuk hal ini, saya juga kadang menggunakan acuan insights untuk membuat postingan di akun media sosial saya.
Jika media sosial kita memiliki website/situs blog, itu sangat membantu. Bagikan selalu isi web kita menurut analisis insights tadi kepada setiap media sosial yang ada. 
Tulislah Caption yang Simple dan Menarik
Ketika kita membuat suatu postingan, buatlah postingan tersebut dengan caption yang simpel dan mudah dipahami oleh orang/follower kita. Karena kalau tidak menarik, tentu mereka akan mengacuhkannya dan tidak meliriknya. Ini saya juga sudah membuktikan, namun saya juga belum menemukan formula yang tepat bagaimana membuat caption yang simpel namun tetap menarik.
Pakailah Hashtag dan Mention
Ketika kita membuat postingan, hendaknya postingan tersebut juga menyertakan hashtag atau bahkan me-mention orang-orang yang berkepentingan. Dengan harapan, agar kerabat/kenalan orang tersebut bisa melihat dan terpancing untuk memberi like atau menjadi follower di media sosial kita. Ini sudah saya buktikan dan sangat efektif. Sedikit catatan dari saya, gunakan hashtag seperlunya saja, jangan terlalu banyak juga. Selain itu, gunakan hashtag yang masih relevan dengan isi postingan kita. 
Follow Akun Para Influencer/Akun Sejenis
Follow-lah akun para influencer seperti blogger, selebgram, artis, ataupun akun-akun yang sejalan dengan persona media sosial anda. Dengan begitu, diharapkan dapat memicu para follower mereka untuk ikut mem-follow atau meng-like media sosial kita. Kalau soal ini, saya sudah membuktikan.
Sematkan Tautan Media Sosial Di Situs Web/Blog
Seperti yang saya sampaikan di atas, jika media sosial kita memiliki situs web/blog, kita juga bisa memanfaatkan situs web kita sebagai tempat promosi media sosial kita. Letakkan tautan media sosial tersebut di tempat yang mudah terlihat pengunjung situs web kita. 
Giveaway
Jika kita mempunyai rezeki berlebih, bolehlah sekali-kali kita bisa melakukan giveaway kepada follower media sosial kita. Tujuan dari giveaway adalah agar memancing follower baru. Apalagi, kalau kita mensyaratkan wajib follow akun dulu dan me-mention teman lainnya. Nah, kalau soal ini, saya belum pernah melakukan, akan tetapi kalau saya melihat akun-akun yang sering membuat program ini sepertinya efektif karena akan memancing orang untuk melihat akun media sosial tersebut.

Itulah tips-tips yang berhasil saya rangkum menurut analisis saya sendiri. Kita bisa menerapkannya tips tersebut kepada akun media sosial kita masing-masing. Akhir kata, jangan lupa tulis komentar dan bagikan informasi ini jika memang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar