Terjemahkan

Kamis, 03 November 2016

Berziarah Menuju Ke Kuningan


Bulan Oktober telah berakhir, begitu pula berakhirlah sudah bulan rosario. Sebagai penutupan bulan Rosario, warga Lingkungan Santa Ursula 4 mengadakan ziarah ke Gua Maria Fatima Sawer Rahmat. Gua Maria tersebut berlokasi di daerah Kuningan, Jawa Barat. Gua Maria itu sebenarnya sudah ada sejak lama, namun saat ini semakin banyak peziarah yang datang mengunjungi. Bagi penulis ini merupakan kali kedua mengunjungi Gua Maria ini.

Perjalanan pun diawali pada dini hari jam 01.00. Sebanyak 50an peserta terdiri dari anak2, OMK, dan orang dewasa turut serta dalam perjalanan ziarah. Dengan menempuh selama 4,5 jam, seluruh peserta pun tiba di Susteran Ursulin Cisantana. Sesampai di sana, peserta mandi dan berganti pakaian dengan seragam kaos lingkungan.



Tepat pukul 07.00, peserta mengikuti perayaan ekaristi di Gereja Maria Putri Murni Sejati, Stasi Cisantana. Stasi tersebut merupakan stasi dari Paroki Cigugur. Perayaan ekaristi pagi itu dipimpin oleh Romo Eko OSC. Dalam homilinya, Romo Eko menyampaikan bahwa hendaknya kita mengikuti seperti Zakheus yang dikisahkan dalam bacaan injil. Meski Zakheus dengan segala kekurangan namun ia tetap semangat berkeinginan melihat dan bertemu dengan Tuhan Yesus.

Usai mengikuti misa, para peserta ziarah beranjak ke bus untuk menuju ke Gua Maria. Sebelum berdoa di Gua Maria, para peserta melakukan Ibadat Jalan Salib. Bertindak sebagai pemandu adalah pak Budi Hartono, seksi liturgi dan pewartaan lingkungan. Secara bergantian setiap perhentian, para peserta bertugas membaca renungan dan doa. Dari satu perhentian ke perhentian membutuhkan stamina ekstra karena perjalanannya naik dan turun tangga. Meski begitu, semangat peserta tak surut dan dengan begitu seperti benar2 turut merasakan penderitaan Yesus yang sungguh berat dalam memanggul salib menuju puncak golgota.


Perhentian demi perhentian dilalui. Peserta pun tiba di Gua Maria. Di Gua Maria, para peserta berdoa pribadi masing-masing. Usai berdoa, peserta menuju ke bus untuk melanjutkan perjalanan kembali menuju ke Bekasi. Dalam perjalanan pulang, beberapa peserta menyempatkan berbelanja oleh2. Selama perjalanan pulang, tidak tampak raut wajah lelah dari para peserta. Itu terlihat dari semangatnya peserta bernyanyi2.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar