Terjemahkan

Sabtu, 13 Oktober 2018

Hidup Sehat itu Asyik Lohhh..


Awalnya, gaya hidup makan gw sangat berantakan dan tidak disiplin dalam waktu makan. Sehingga gw pun sering terkena maag. Selain itu, makanan yang gw makan pun jorok seperti junk food, makanan instan, minum minuman bersoda, dan banyak mengemil. Bahkan hampir dipastikan jarang berolahraga dan masih mood2an kalau olahraga. Karena itu, akhirnya pada akhir Juni 2018, awalnya gw mengira gw sakit maag namun setelah dicek ke dokter ternyata gw divonis oleh dokter terkena batu empedu dan liver gw juga mengalami perlemakan. Akhirnya gw pun dirawat hampir seminggu. Setelah kemarin sempat dirawat hampir seminggu tersebut karena batu empedu dan fatty liver, maka gw putusin untuk hidup lebih sehat. 

Puji Tuhan, setelah 3 bulan lebih berkutat dengan cara hidup sehat, akhirnya berat badan gw yang tadinya sempat menyentuh 95 kg (gambar kiri), sekarang sudah mencapai 82 kg (gambar kanan). Bahkan ukuran baju gw dari XXL sudah berubah jadi L, sedangkan ukuran celana dari uk. 40 sudah berubah menjadi uk. 35. Sehingga gw sudah mengalami total penurunan berat badan sebanyak 13 kg. Kok bisa? Berikut yang gw lakukan:

1. Setiap pagi hari, gw melakukan olahraga pagi dengan lari sejauh 3 - 5 km. Terkadang bergantian dengan olahraga lain seperti Jumping Jack, High Knee, Squat, dan Plank dengan durasi masing-masing 2 x 30 detik. Gw melakukan olahraga ini karena olahraga ini tidak memerlukan alat atau mengeluarkan biaya untuk ke tempat fitness dan bisa dilakukan di rumah.

2. Selain itu, gw juga menerapkan minimal 10.000 langkah setiap hari sehingga untuk mencapai itu, sebagai mobilitas dalam jarak dekat gw selalu melakukan dengan berjalan kaki. Terkadang, bergantian dengan bersepeda.

3. Mengenai makanan, gw cukup melakukan diet yang nyaman bagi gw. Untuk sarapan sekitar pukul 08.00, menu gw yaitu Quaker Oatmeal terkadang dikombinasi dengan strawberry atau polosan saja (plain). Sedangkan, makan siang (pk. 12.00) dan malam (pk. 17.30) biasanya nasi cukup 1 centong (karena nasi putih biasanya mengandung banyak gula jadi jangan terlalu banyak-banyak) + sayur + lauk (ikan/ayam/tahu/tempe/telor). Khusus makan malam kadang gw ganti dengan jus kombinasi apel dan strawberry tanpa gula dan susu. Terkait menu, gw lebih memilih banyak makan makanan mengandung protein. Gw juga mulai mengurangi daging, kelapa dengan segala keturunannya termasuk santan, dan makanan lainnya yang mengandung kolesterol. 

4. Usahakan jumlah kalori masuk lebih sedikit dari jumlah kalori keluar. 

5. Bangun tidur, gw juga membiasakan minum air putih dulu sebanyak 700 ml. Sehari-hari, gw juga perbanyak minum air putih bahkan sehari gw bisa mencapai 3 - 5 liter atau teh kalau lagi di luar. Kalau untuk kopi, gw tidak terlalu banyak minum bahkan jarang sekali mengingat pengalaman sesudah minum kopi, maag gw pasti kambuh.

6. Tidur atau istirahat yang cukup (6-8 jam) dan yang terpenting selalu bahagia serta enjoy menjalankan hidup sehat ini. Karena kalau malas sedikit dan menyerah bisa dipastikan berat badan akan naik kembali.

Demikian beberapa hal tips cara hidup sehat ala nyamannya gw yang bisa gw bagikan, semoga bermanfaat bagi yang membaca. Terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar